13/01/13

#curcol : Jurusan Kuliah & PTN (lagi?)

sekarang bulan apa ya? oh, januari. kurang dari 3 bulan lagi bakalan UN(lagi). terus yang bisa ikutan snmptn, bakalan ujian di sekitar bulan april. sisanya bisa ikutan sbmptn dengan kuota masuk 30% di bulan mei / juni.




by the way, kenapa gue jadi nulis yang rada gak jelas gini? ya, "multitasking memori" gue konon terlalu banyak menjalar tanpa arah di otak gue sekarang,sehingga mengakibatkan gue tak tahu hal apa yang harus gue bahas terlebih dahulu.*sounds cheesy,ok* let say, gue stress.

euhm..beribu kali lagi balik ke pertanyaan menjebak yang sama; apa sih sebenarnya passion & dreams gue? jawabnya simple, passion : art (including fine arts, photography, design, anything related to ART titik) & literature (english *ofc, korean, germany *maybe, chinese).

dreams? tentang apaan dulu nih? dream jobs? dream 'goals'? dream places i want to go to? ㅋㅋ
okay. atu-atu ya. dream jobs : writer / editor / curator / photographer / kind of people who dedicated their life for the ideas, so the other people can think differently and start to opening their minds in creative way.
too tough? ikr. but that's what i wanna do, and that's my passion.

dream 'goals' : published my own book, having my own exhibition, owning an art-science school & foundation, tetep jadi wanita muslimah & solehah, naik haji, punya suami, punya anak, hidup bahagia dunia & akhirat.___.

dream places i want to go : antarctic, seoul dan daerah sekitarnya plus jeju, london, berlin, iran, makkah & madina, 천국.__.

---

kembali ke realita. jadi ceritanya gara-gara anak baru, sekolah baru gue gak mengizinkan ikut snmptn undangan. ya, well...pada akhirnya gue harus berusaha sok fine-fine aja gitu, masih ada sbmptn. gue sendiri gak memungkiri kalo sebenernya udah was-was mengingat kuota yang diterima dari sbmptn cuman 30%.

mungkin ada yang menyalahkan pilihan gue untuk pindah, mengingat betapa sayangnya snmptn undangan itu dan kalo boleh dibilang agak mengejutkannya kepindahan gue *lol. who cares? anyway.

yayaya, gue bego banget di saat tinggal beberapa bulan lagi sekolah, malah pindah. alasannya bukan karena gue gak betah dengan sekolah di bandung, atau teman-teman di muthahhari. bukan juga dengan sistem pembelajarannya. bukan karena sebegitu horornya kosan gue. tapi lebih ke masalah pribadi, ya pribadi. let say, gue lebih mengikuti kata hati yang tolol, ketimbang pusing menyangkal segalanya dengan logika.

nah, terus ceritanya nanti lo kuliah mau apaan nih nan?

art - iya, tertarik. sangat tertarik. bahkan udah sempet ikutan les di tempat les gambar. terus kenapa enggak diterusin? tadinya mau gue terusin pas udah pindah di jkt. tapi, gimana ya, rasanya biarpun gue suka banget sama seni, tapi tiba-tiba ada second thoughts gitu. apa ini yang bener-bener mau gue jalanin?
selain itu, gue iseng-iseng ikutan tes psikologi berbasiskan sidik jari gitu, hasilnya ternyata gue gak begitu cocok di bidang interior/arsitek/design gitu.
nah, tapi kalo masih pengen jadi artist gitu, gue bisa jadi natural photographer / painter, which is gue tertarik banget, karena emang kebanyakan 'karya' gue *ceilah* berhubungan sama foto. tapi (lagi), gue mikir-mikir natural photographer di indonesia kan banyakan lelaki ya, dan kerjanya juga mesti tahan banting. gue pun akhirnya mengurungkan niat tersebut, dan lebih memilih hal tersebut sebagai hobby yang bisa gue jalanin lain kali (mungkin).

sastra asing - hampir pasti jadi jurusan buat kuliah nanti. hal yang membuat gue ragu adalah kerjanya jadi apaan. iya gue tau, bisa jadi translator. tapi selain jadi itu apa lagi ? guru? itu kalo ngambil yang pendidikannya. kalo enggak? guru honorer/guru les, nggak bisa dijadiin tumpuan hidup gue nanti kalo mau bangun foundation.__. tau deh gue masih bingung-bingung anak ababil gini-_- *yakali emang masih ababil-.-

fikom - baru-baru ini nyokap menawarkan jurusan ini. gue bilang ke nyokap kalo cita-cita gue sebenernya cuman-pengen-jadi-penulis (pengakuan rada desperate sebenernya, gara-gara terseleksi secara mental buat jadi seniman). setelah dua tahunan lebih dikit di muthahhari, gue akhirnya emang menemukan kembali hal yang pernah gue suka dari jaman sd yang kemudian berangsur-angsur berkurang pas smp, yakni nulis puisi. makanya nyokap nawarin, at least gue mesti ngerti  dikit-dikit ilmu komunikasi biar buku-buku yang akan gue tulis nanti gak garing-garing amat. dan beliau juga memberi penawaran, seandainya gue mau dan bisa kerja di VOA nanti (Amin Ya Allah), kan syarat regular employee nya harus minimal S.IKom gitu bowk-_-

in the end, gue gak mau se-ambisius dulu waktu  (ceritanya) 'memutuskan' untuk milih arsitek / interior. kalau pun tahun ini ternyata kejadian paling buruk yang gak gue pengen, gue belum lolos masuk PTN 2013, lewat jalur sbmptn yang kuota masuknya cuman 30% plus harus bersaing dengan dua angkatan kebelakang dari sabang-merauke, gue harus-kudu-mesti gak boleh patah semangat, belajar lagi setahun kedepan, mungkin gue yang emang pada kenyataanya kurang belajar dari pada pesaing yang lain. tapi semoga, tahun ini Allah mengizinkan gue untuk masuk PTN dengan jurusan yang sesuai untuk cita-cita gue-jadi penulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar