09/11/13

Spaghetti ala Kadarnya Recipe

Yeah I'm back!

Oke jadi tadi iseng-iseng masak lagi dan terciptalah resep ngaco spaghetti ini :) I am literally a chef, I know that, no need to be praised a lot la :) #najong #lemparbakiak





Alat & Bahan (untuk satu porsi) :

1. Spaghetti secukupnya (atau menurut ukuran gue, segenggam :3)

2. Susu cair secukupnya (karena gue pakai barang yang ada di kulkas aja dan kebetulan ada susu kotakan satu bji, jadi yaudahlahya)

3. Telur ayam 2 buah.

4. Air secukupnya (kalo ini pake hati men naronya seberapa, biar gasalah mending pake gelas aja kalo mau ukurannya mah :3)

5. Butter / Mentega (nb : kalo mau pake olive oil juga bisa, tapi kalo udah pake olive oil gausah pake mentega lagi. saran ane sih mending pake mentega sis kalo pake olive oil / butter biasanya dia rasanya nanti plain gitu jadi kecap asinnya harus dibanyakin atau dikasih garam :o)

6. Kecap manis (nb : kebetulan saus sambel lagi abis jadi gue pake kecap aja, tapi enak juga kok sis :D tergantung selera sih)

7. Saus Tiram / Kecap asin / Kecap inggris

8. Panci, Saringan, Spatulla, Sendok, Garpu, Mangkok, Piring

Cara Membuat :

1. Masak spaghetti dengan air. Sebelum air dituangkan ke panci, oleskan spaghetti mentah dengan margarin, ini untuk menjaga agar spaghetti tidak lengket ketika diangkat.

2. Pisahkan kuning telur dan putih telur.

3. Jika spaghetti sudah setengah matang, kecilkan api. Oleskan margarin pada wadah untuk meniriskan spaghetti, baru kemudian tiriskan spaghetti di wadah tersebut.

4. Panaskan susu cair, tambahkan air sedikit. Tunggu hingga agak mendidih.

5. Jika susu cair sudah agak mendidih. Masukkan putih telur yang telah dikocok hingga berbusa ke dalam susu cair yang dipanaskan. Aduk hingga merata. Tunggu hingga benar-benar mendidih.

6. Jika sudah mendidih, masukkan kembali spaghetti yang sudah ditiriskan sebelumnya ke dalam adonan susu cair yang dipanaskan. Aduk hingga merata. Tunggu hingga susu cair agak mengental.

7. Jika adonan spaghetti & susu cair sudah agak mengental, angkat dan tiriskan.

8. Kocok kuning telur dengan 1/2 sdt saus tiram / kecap asin, jika ada saus sambal boleh ditambahkan 1/2 sdt.

9. Panaskan air kurang lebih 1/2 gelas kecil. Tunggu hingga benar-benar mendidih. Masukkan adonan kuning telur (masak adonan kuning telur dengan air)

10. Ambil adonan kuning telur yang telah masak menggunakan sendok agar tidak hancur dan tiriskan. Bentuk bulat kuning telur tersebut menggunakan sendok dan taruh di atas tirisan spaghetti.

11. Terakhir, panaskan mentega kurang lebih 1 sdm. Campur lelehan mentega dengan 1/2 sdt saus tiram dan 1 sdt kecap manis (tambahkan 1/2 sdt saus sambal kalau ada). Aduk hingga merata.

12. Tuangkan saus campuran mentega, saus tiram dan kecap manis ke atas tirisan kuning telur dan spaghetti secara perlahan dan melingkar.

13. Hidangan siap disajikan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar