02/11/14

[REVIEW] tokowebku[dot]com


tokowebku.com merupakan aplikasi website berbasis cloud bagi anda yang ingin membuat toko online tetapi tidak mengerti bagaimana membangun sebuah website untuk memulai bisnis online anda. Di tokowebku, anda tidak perlu lagi repot mengurus hal-hal teknis untuk membuat website bagi bisnis anda seperti membuat domain atau berurusan dengan kode-kode html/css, karena tokowebku berperan sebagai provider yang akan mengurusi segala hal yang berkaitan dengan desain web, setup server, domain, maintenance dan upgrade.


Ada beberapa paket harga yang ditawarkan oleh tokowebku, mulai dari free trial yang berlaku selama satu bulan, paket small dengan harga Rp 30.000/bln dan Rp 300.000/thn, paket standard Rp 50.000/bln dan Rp 500.000/thn. Jika anda menginginkan private domain bagi toko online anda, makan anda harus menambahkan Rp 130.000,00 untuk fitur tersebut. Pembayaran untuk sewa lapak toko online di tokowebku dilakukan secara transfer.



Sayangnya tokowebku tidak mengizinkan anda untuk menggunakan atau berpindah ke hosting atau server anda sendiri jika anda tidak merasa nyaman dengan server yang disediakan oleh tokowebku.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh tokowebku yaitu :

1. Grafik Pelanggan & Penjualan


Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat melihat grafik tentang statistik total penjualan per hari dalam satu bulan pada dashboard panel. 
2.  Kategori & Sub Kategori


Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat membuat, menambah, mengedit, mengatur nama link, disable/enable kategori & sub-kategori.

3. Geo Lokasi, Logo Web/Usaha, Kontak & Informasi Usaha


Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat menentukan titik usahanya berbasiskan google map, memberikan informasi usaha, kontak dan logo, memberikan informasi FAQ, Tentang Kami, Ketentuan dan informasi nomor rekening untuk transaksi, memberikan informasi link fanspage facebook dan akan ditampilkan di kaki halaman website. Tokowebku menyediakan jasa pembuatan logo untuk usaha dengan tambahan tarif khusus.

4. Pengaturan Desain  

Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat memilih desain template untuk website, desain yang telah dipilih dikunci selama satu bulan dan dapat diganti lagi setelah berjalan selama satu bulan, dapat meminta perubahan desain secara khusus (bagi pemilik akun premium), dapat mengganti tiga gambar slider pada halaman utama website.

5. Aksesoris
 
Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat memberikan informasi visitor box pada toko online, menambahkan teks berjalan pada website toko online (untuk berita/promosi), menambahkan fitur chatbox customer service menggunakan zopim widget.

6. Pengaturan Produk

Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat melakukan tambah, edit dan hapus data produk, mengatur nama link, produk unggulan/tidak unggulan, publikasi/tidak publikasi produk,mengatur berat, dimensi dan stok barang agar dapat dikalkulasikan ke manajemen stok dan tarif pengiriman ketika pelanggan membeli produk tertentu, memberikan harga diskon berbasis kuantiti atau berbasiskan waktu, menggunakan multi stok (1 produk memiliki stok per tipe/ukuran), membagikan informasi produk ke media sosial Facebook.

7. Manajemen Order & Transaksi

Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat mengupdate status order dari pelanggan (Disposisi Order dan Transaksi), memberikan informasi no resi (jika dibutuhkan), membatalkan atau mengirimkan pesan email ke pelanggan, melihat rincian barang yang di order pelanggan dan biaya yang harus dibayar oleh pelanggan.

8.  Manajemen Stok

Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat melakukan set stok barang secara massal, mengaktifkan notifikasi alert stok minimum (Jika salah satu stok melewati batas minimum, merchat akan mendapatkan notifikasi alert melalui email dan SMS), melihat rincian barang yang di order pelanggan dan biaya yang harus dibayar oleh pelanggan.

9. Manajemen Pelanggan

Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat melakukan pengelolaan pelanggan (baik pelanggan yang mendaftar manual atau menggunakan facebook), melakukan komunikasi ke email pelanggan.

10.  Pesan & Notifikasi

Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat menerima pesan dari kotak pesan yang tampil pada halaman "contact us" website toko online, menerima notifikasi aktifitas transaksi/order dan dikirim melalui email dan SMS. Pelanggan dari pedagang dapat menerima notifikasi aktifitas transaksi/order dan dikirim melalui email dan SMS.

11. Manajemen Tarif Pengiriman

Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat mengatur sendiri tarif kirim ke kota-kota di Indonesia, mengatur tarif massal dan kelipatan berat penghitungan ke kota-kota di Indonesia, menggunakan tarif pengiriman dari JNE, POS, dll.

12. Dukungan & Bantuan
Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat mengirimkan keluhan, saran atau permintaan melalui pesan ke kontak yang ada atau menggunakan tiket system kepada staff tokowebku.

13. Testimonial Manajemen
Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat mengatur testimonial dari pelanggan untuk ditampilkan/tidak pada website toko online.

14. Marketing Tools

Pedagang yang telah menyewa toko online di tokowebku dapat menjadwalkan otomatis konten promosi/iklan ke group facebook. Promosi/iklan konten akan diulang di jam yang telah ditentukan setiap hari. Newsletter memungkinkan anda mengirimkan berita atau promosi ke seluruh pelanggan anda. Discount system memungkinkan anda mengatur produk mana yang sedang obral.

Pada laman Mall anda akan melihat daftar-daftar toko online yang telah menggunakan jasa tokowebku bagi bisnis toko online mereka. Ada berbagai macam jenis toko online mulai dari yang menjual obat-obatan herbal, kue, fashion, beauty shop dan sebagainya. Saat ini, kurang lebih sudah ada 17 toko online yang menyewa lapak bagi bisnis online mereka pada tokowebku.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar